Sabtu, 24 Maret 2012

Kehamilan dengan TBC

























Kehamilan dan tuberkulosis merupakan dua stressor yang berbeda pada ibu hamil. Stressor tersebut secara simultan mempengaruhi keadaan fisik mental ibu hamil. Efek TB pada kehamilan tergantung pada beberapa faktor antara lain tipe, letak dan keparahan penyakit, usia kehamilan saat menerima pengobatan antituberkulosis, status nutrisi ibu hamil, ada tidaknya penyakit penyerta, status imunitas, dan kemudahan mendapatkan fasilitas diagnosa dan pengobatan TB.
Status nutrisi yang jelek, hipoproteinemia, anemia dan keadaan medis maternal merupakan dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas maternal. Usia kehamilan saat wanita hamil mendapatkan pengobatan antituberkulosa merupakan factor yang penting dalam menentukan kesehatan maternal dalam kehamilan dengan TB. Kehamilan dapat berefek terhadap tuberkulosis dimana peningkatan diafragma akibat kehamilan akan menyebabkan kavitas paru bagian bawah mengalami kolaps yang disebut pneumo-peritoneum. Pada awal abad 20, induksi aborsi direkomondasikan pada wanita hamil dengan TB.
  • Link Download file Power point yang sudah jadi DISINI 
  • Link Download file Teori Asuhan Keperawatan Kehamilan dengan TBC dan CONTOH Kasus yang sudah jadi dalam bentuk Ms-Word DISINI. Tinggalkan komentarnya....
  •  Video Webcast 4CLPH Tuberkulosis 
 


  • Video Tuberkulosis Test (Test Mantoux)


  • Video Animasi Tuberkulosis